Unik, Hanya di Desa ini Kumpulan Masyarakatnya Adakan Program Arisan Jamban


Agen Poker - Pola perilaku hidup sehat adalah sebuah kebutuhan dalam keluarga dan masyarakat, untuk itulah harus diterapkan di kehidupan sehari-hari, namun sebagian masyarakat di Kabupaten Balangan masih ada yang belum menerapkan.

Misalnya soal buang air besar, sebagian ada yang sembarangan, atau langsung ke jamban yang ada disungai, kebiasaan ini tentu saja sedikit demi sedikit harus dirubah.


Seperti yang dilakukan oleh pihak Puskesmas Kecamatan Paringin, untuk menghilangkan kebiasaan warga buang air besar sembarangan misalnya ke sungai dibentuk program yang cukup inovatif yakni arisan jamban.

Santy Ermasari selaku Petugas Kesehatan Lingkungan Puskesmas Paringin menjelaskan program ini dilakukan berdasarkan data dan survey musyawarah desa, dan desa yang dipilih adalah Desa Paran.

Dalam musyawarah tersebut muncul keinginan bahwa Desa Paran ingin semua masyarakatnya memiliki jamban sehat atau WC dan tak ada lagi yang buang air besar sembarangan terutama disungai.

"Kami berupaya untuk menjadikan Desa Paran menjadi desa ODF (Open Defecation Free) yaitu desa bebas buang air besar sembarangan, setelah musyawarah lalu muncul kesepakatan untuk menjalankan program arisan jamban," ujarnya.

Lebih lanjut dijelaskannya, arisan jamban mulai dijalankan pada Agustus 2016 lalu, yang diikuti sekitar 22 warga, sementara itu untuk rumah yang belum memiliki jamban keluarga ada 14 buah.

"Yang sudah punya jamban keluarga (WC) dirumahnya juga ikut arisan, dalam sehari iuran Rp 20 ribu, setelah iuran langsung dikuncang dan hasil arisannya dibuatkan kepada warga yang belum mempunnyai WC," jelasnya.

Menurutnya selama 2016 sudah 11 rumah yang dibuatkan WC nya hasil dari program arisan jamban ini, pengerjaannya pun dilakukan secara gotonng royong dibantu oleh kepala desa, aparat, kader, babinsa babinkamtibmas, puskesmas dan YABN Adaro, dan sekarang 2017 masih tersisa 3 rumah.

Kemudian setelah kembali dilakukan pendataan selain sisa 3 rumah yang belum ternyata masih ada warga lagi yang belum memilik jamban dan total sekarang berjumlah 9 rumah yang belum belum punya WC.
Baca Juga : Hanya Karna di Tertawakan Istri, Pria Ini Dengan Gelap Mata Tega Membunuh Nyawa Istrinya Sendiri
Guna mengatasi permasalahan tersebut maka untuk menyelesaikan dibanntu dengan program stimulan jamban dengan cara memberdayakan masyarakat setempat.

"Program inovatif arisan jamban dan stimulan ini disambut antusias oleh masyarakat, merekapun sepakat dann bertekad merubah perilaku dari buang air besar sembarangan dan akan beralih ke jamban sehat," ungkapnya.

Domino Online - Menurut Santy selain berupaya agar masyarakat berprilaku sehat, program inovasi arisan jamban ini juga dalam rangka mempersiapkan akreditasi puskesmas serta sebagai bahan pertimbangan untuk tenaga kesehatan teladan tenaga promkes ditahun 2017.

________________________________________________________________________________
Lexusdomino agen poker | agen domino | domino online | agen qq | qq online | bandarq
Daftar Sekarang Juga Dan Dapatkan Bonus Cashback Terbesar 0.5% Dibagikan Setiap Hari Dan Bonus Referral Terbesar 20% Seumur Hidup
SKYPE : Lexus.domino
PIN BB : 2BBE13EB / D8E00C0E
Whatsapp : +62812-9653-7184
Website : LEXUSDOMINO
____________________________________________________________________________________________________________________

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Unik, Hanya di Desa ini Kumpulan Masyarakatnya Adakan Program Arisan Jamban"

Post a Comment