Akibat Semakin Banyak Penyedia Jasa Bayi Tabung, Pihak Rumah Sakit Akhirnya Perang Tarif


Bayi tabung atau bahasa ilmiahnya In Fitro Vertilization (IVF) ternyata semakin diminati oleh pasangan yang tidak bisa memiliki keturunan secara alami di Bali dan Rumah sakit (RS) yang menyediakan jasa bayi tabung pun terus bertambah, hingga memunculkan perang tarif. 

Agen Domino

Berdasarkan data yang diperoleh dari Indonesian Association For In Vitro Fertilization's National Report, Bali adalah daerah nomor tiga dengan jumlah klinik bayi tabung terbanyak di seluruh Indonesia, setelah Surabaya dan Jakarta.

Di Jakarta, jumlah klinik yang menyediakan jasa bayi tabung sebanyak 9 klinik, Surabaya 5 klinik, dan Denpasar atau Bali sebanyak 4 klinik, Ketua Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) Bali dr Putu Doster Mahayasa SpOG menjelaskan, salah satu yang perlu dan wajib disiapkan oleh pasien bayi tabung adalah ketersediaan uang yang mencukupi. Karena memang biayanya sangat tinggi.

"Bayi tabung ini membutuhkan uang yang cukup besar. Di Bali rata-rata diperlukan Rp 50 juta. Selain itu, calon pasien harus siap secara administrasi seperti surat nikah dan lain-lain, dan siap waktu. Jadi tidak boleh saat dijadwalkan akan dicek, minta izin ini itu tidak boleh," kata Doster Mahayasa saat ditemui di RSUP Sanglah pekan lalu.

Empat RS di Bali yang menyediakan layanan bayi tabung yakni RSUP Sanglah, Bali Royal Hospital (Bros), Prima Medika, dan Puri Bunda. Mereka masing-masing mempunyai skema pembiayaan tersendiri.

Di RSUP Sanglah misalnya, Mahayasa menyebut harga untuk membuat bayi tabung sebesar rata-rata Rp 50 juta, "Itu dengan keadaan pasien normal. Bisa lebih murah kalau usia pasien antara 20-35 tahun," kata pria asal Buleleng itu.

Di Bros, Kepala Klinik Bayi Tabung RS Bros, dr Anom Suardika SpOG mengatakan, biaya untuk bayi tabung di RS Bros sebesar Rp 50-Rp 70 juta untuk pasien dengan kondisi normal.

Ini menjadikan RS Bros memiliki tarif paling tinggi atau termahal untuk bayi tabung di Bali dan Menurut Suardika, sebetulnya biaya bayi tabung di Indonesia sangat murah. Biaya bayi tabung terkesan mahal karena obat-obat yang digunakan semua dari impor.

"Karena semuanya impor, itu yang membuat mahal," kata pria yang kini juga menjadi Kepala Klinik Bayi Tabung di RSUP Sanglah itu, Sedangkan di RS Prima Medika Denpasar, biaya untuk pembuatan bayi tabung sebesar Rp 43- Rp 56 juta untuk pasien dengan usia normal.

Rumah sakit yang satu ini diklaim sebagai yang terlaris dalam program bayi tabungnya saat ini, "Kalau sebelumnya di Bros memang paling banyak yang ditangani. Tapi untuk sekarang di sini (Prima Medika)," kata pendiri klinik bayi tabung di RS Prima Medika, dr Ilyas Angsar SpOG.

Sementara di RS Puri Bunda Denpasar memberikan harga khusus untuk bayi tabung, Rumah sakit yang baru mendirikan klinik bayi tabung tahun 2017 ini memberikan harga promo untuk program bayi tabung mulai dari Rp 37 juta untuk pasien berusia normal 20-35 tahun.

Agen Sakong

"Jadi di Puri Bunda kami berusaha menekan harga, namun dengan tidak mengurangi kualitas pelayanan," kata Kepala Klinik Bayi Tabung di RS Puri Bunda, dr AAN Anantasika, SpOG dan Meski terjadi perang tarif, empat klinik bayi tabung di Bali ini bersaing secara positif untuk memberikan pelayanan bayi tabung ke masyarakat.
________________________________________________________________________________
Lexusdomino agen poker | agen domino | domino online | agen qq | qq online | bandarq
Daftar Sekarang Juga Dan Dapatkan Bonus Cashback Terbesar 0.5% Dibagikan Setiap Hari Dan Bonus Referral Terbesar 20% Seumur Hidup
SKYPE : Lexus.domino
PIN BB : 2BBE13EB / D8E00C0E
Whatsapp : +62812-9653-7184
Website : LEXUSDOMINO
____________________________________________________________________________________________________________________

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Akibat Semakin Banyak Penyedia Jasa Bayi Tabung, Pihak Rumah Sakit Akhirnya Perang Tarif"

Post a Comment